Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah
dengan upaya optimalisasi pembelajaran menggunakan metode cermah bervariasi dan diskusi siswa dapat memahami materi pelajaran; 2)
mengetahui apakah melalui penerapan metode ceramah bervariasi dan diskusi dapat meningkatkan pemahaman dan
pembelajaran IPS; 3) mengetahui seberapa jauh penerapan metode ceramah
bervariasi dan diskusi dapat
meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas XI semester II SMK Al Hidayah
Candipuro Lumajang. Penelitian ini merupakanPenelitian Tindakan Kelas. Hasil
penelitian ini diperoleh gambaran sebanayak 20 siswa memiliki minat belajar
yang tinggi. Dari hasil pengamatan dan analisis data penulis menarik suatu
kesimpulan bahwa pada tahap siklus pertama ternyata melalui metode ceramah
bervariasi tingkat pemahaman materi
siswa kelas XI semester I SMK Al Hidayah Candipuro Lumajang pada mata pelajaran
IPS masih rendah. Sehingga diperlukan adanya pelaksanaan siklus kedua. Rata-rata
nilai hasil tes siklus pertama =82.65,
rata-rata nilai hasil tes siklus kedua = 91.15 Dengan demikian upaya
optimalisasi pembelajaran mata pelajaran IPS
terjadi kenaikan dari 82.65 menjadi 91.15 atau terjadi kenaikan sebesar
23.23%. Dari data tersebut diatas dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa melalui
penerapan metode ceramah berivariasi dan metode diskusi dapat meningkatkan
pemahaman siswa