JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah dengan upaya optimalisasi pembelajaran menggunakan  metode cermah bervariasi dan diskusi  siswa dapat memahami materi pelajaran; 2) mengetahui apakah melalui penerapan metode ceramah bervariasi dan diskusi   dapat meningkatkan pemahaman dan pembelajaran IPS; 3) mengetahui seberapa jauh penerapan metode ceramah bervariasi dan diskusi  dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPS  siswa kelas XI semester II SMK Al Hidayah Candipuro Lumajang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian ini diperoleh gambaran sebanayak 20 siswa memiliki minat belajar yang tinggi. Dari hasil pengamatan dan analisis data penulis menarik suatu kesimpulan bahwa pada tahap siklus pertama ternyata melalui metode ceramah bervariasi  tingkat pemahaman materi siswa kelas XI semester I SMK Al Hidayah Candipuro Lumajang pada mata pelajaran IPS masih rendah. Sehingga diperlukan adanya pelaksanaan siklus kedua. Rata-rata nilai hasil tes siklus pertama                =82.65, rata-rata nilai hasil tes siklus kedua = 91.15 Dengan demikian upaya optimalisasi pembelajaran mata pelajaran IPS  terjadi kenaikan dari 82.65 menjadi 91.15 atau terjadi kenaikan sebesar 23.23%. Dari data tersebut diatas dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa melalui penerapan metode ceramah berivariasi dan metode diskusi dapat meningkatkan pemahaman siswa

Keyword

Pembelajaran IPS, Ceramah Bervariasi, Diskusi
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak